Rabu, 16 Juli 2014

Resiko Kebiasaan Menggigit Kuku

Richard M.D, seorang ahli dalam masalah kuku di Weill Cornell Medical College dan anggota dari American Academy of Dermatology menjelaskan bahwa kebiasaan menggigiti kuku bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti dilansir oleh Men’s Health (08/07).

#1
Masalah pertama yang bisa muncul pada orang yang suka menggigit kuku adalah infeksi bakteri. Kuku Anda menjadi tempat berlindung bagi banyak kuman dan bakteri, terutama bakteri salmonella dan E.coli. Bakteri ini biasanya berdiam di antara ujung kuku dan kulit Anda. Ketika menggigit kuku, bakteri akan masuk ke mulut dan saluran pencernaan. Pada akhirnya bakteri bisa menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan yang berujung pada diare atau sakit perut.

#2
Masalah nomor satu belum seberapa dan bisa disembuhkan dengan cepat. Namun jika Anda memiliki kebiasaan menggigiti kuku dalam waktu lama Anda juga bisa terkena infeksi yang disebut paronychia. Infeksi ini terjadi ketika terdapat luka pada ujung tangan ketika Anda menggigit kuku. Luka pada ujung tangan dan jari bagian dalam bisa membuat bakteri atau jamur masuk ke dalam. Hasilnya, jari akan mengalami pembengkakan, menjadi kemerahan, dan penumpukan cairan atau nanah di bawah kuku. Infeksi semacam ini bisa diobati dengan operasi dan dirawat dengan antibiotik serta obat antijamur. Jika infeksi disebabkan oleh bakteri, kuku juga bisa menjadi rapuh dan terasa sakit.

Selengkapnya di: hentikan kebiasaan menggigit kuku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar